Kategori

Rabu, 04 Juli 2012

Aktivitas Enzim Bromelin dari Ekstrak Batang Buah Nanas (Ananas comosus (L) Merr)


Oleh : NINGSIH LAYUK, Jurusan Kimia FMIPA Unsrat Manado, 2011
Tanaman nanas sangat diminati oleh masyarakat karena memiliki banyak manfaat dan proses pemeliharaannya yang tidak rumit. Pemanfaatan tanaman nanas hanya terbatas pada buahnya saja, sedangkan mahkota, kulit, bonggol, daun, dan batangnya hanya dijadikan limbah. Tanaman nanas mengandung enzim bromelin, yaitu suatu enzim proteolitik yang dapat mengkatalisis reaksi hidrolisis protein dan memiliki banyak manfaat diantaranya mencerna protein dalam makanan sehingga mudah diserap oleh tubuh, membantu penyembuhan luka, mempercepat pembuangan lemak melalui ginjal dan mengimbangi kadar keasaman dalam darah.
Telah dilakukan penelitian dengan tujuan (1) untuk menentukan kadar protein enzim bromelin dari ekstrak batang nanas; (2) untuk  menentukan aktivitas enzim bromelin dari ekstrak batang nanas. Penelitian dilakukan dengan membuat ekstrak kasar enzim bromelin kemudian diendapkan dengan amonium sulfat pada konsentrasi 10, 20, 30, 40, 50 dan 60 %. Nilai kadar enzim bromelin dari ekstrak batang nanas tertinggi kemudian digunakan untuk menghitung aktivitas enzim bromelin. Aktivitas optimum enzim bromelin dapat dilihat pada variasi temperatur 50, 55, 60, 65, 70, 75 dan 80 oC serta variasi pH 5,0; 5,5; 6,0; 6,5; 7,0; 7,5 dan 8,0 yang digunakan.
Hasil penelitian menunjukkan nilai kadar enzim bromelin dari ekstrak batang nanas tertinggi yang diperoleh adalah pada penambahan amonium sulfat 60 % dengan nilai sebesar 5,85 %. Pada temperatur 65 oC, aktivitas enzim bromelin optimum dari ekstrak batang nanas yang diperoleh sebesar 0,093 U/menit. Pada pH (6,5), aktivitas enzim bromelin optimum  dari ekstrak batang nanas yang diperoleh sebesar 0,093 U/menit.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai kadar enzim bromelin dari ekstrak batang nanas tertinggi yang diperoleh adalah pada penambahan amonium sulfat 60 %. Temperatur optimum enzim bromelin adalah 65 oC dan pH optimum enzim bromelin adalah 6,5.
selengkapnya dapat didownload di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar